Yamaha Stagea Mini ELB-01

yamaha-stagea-elb-01-a
Organ electone Yamaha Stagea Mini ELB-01 adalah produk bikinan Yamaha sebagai generasi penerus dari Yamaha Seri EL-100. Fasilitas yang ada, lebih dikembangkan sehingga semakin memudahkan pengguna atau pemain organ atau organis. Misalnya, kalau di Yamaha EL-100, kadang sedikit kesulitan untuk mencari Hidden Voice-nya atau menggabungkan 2 suara untuk masing-masing klavir dan bas kaki. Sementar di Stagea Mini sudah lebih mudah untuk memilih register suara yang digabungkan.
Untuk menjaga keawetan maka peletakan organ electone Yamaha Stagea Mini ELB-01 minimal berada 3 cm dari dinding, hal ini untuk menjaga adanya sirkulasi udara pada sistem elektrik di dalamnya.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dan sangat penting yang kadang dilupakan, adalah sebagai berikut :
  • Jangan meletakan electone di area bersuhu panas.
  • Jauhkan dari alat listrik yang bekerja dengan frekuensi, seperti TV, Radio, terutama Handphone, saat electone sedang digunakan? Mengapa, ya karena agar tidak terjadi interferensi gelombang frekuensi yang bisa merusak sirkuit di dalam electone.
  • (Hal ini mengingatkan kita pada turbin pesawat terbang yang bisa berhenti mendadak karena penggunaan Handphone, Laptop atau alat elektrik berfrekuensi lain yang dioperasikan di dalam pesawat saat pesawat sedang terbang. Sudah diduga akibatnya, pesawat bisa jatuh. Dan akhir-akhir ini memang banyak pesawat yang sering mengalami kecelakaan, setelah teknologi berfrekuensi semakin murah harganya.)
  • Jaga selalu kondisi panel dan tuts electone dari debu dan tumpahan air.
  • Gunakan selalu cover penutup setelah electone selesai digunakan.
  • Perhatikan selalu tegangan listrik di tempat peletakan electone, agar instrumen di dalam electone bisa dipergunakan untuk waktu yang lama. Gunakan stabilizer atau UPS untuk menjaga naik turunnya tegangan listrik.
  • Cabut selalu kabel electone dari stop kontak jika electone selesai dipakai. Ingatlah selalu untuk melakukan hal ini.
  • Jangan menancapkan kabel electone ke dalam stop kontak bila tangan anda sedang dalam kondisi basah.
  • Gunakan kain pembersih yang lembut dan kering untuk membersihkan dan merawat bagian panel dan tuts electone.
yamaha-stagea-elb-01-cElectone adalah instrument yang unik, dengan dilengkapi 3 susun keyboard, yaitu Upper (klavir atas), Lower (klavir bawah) dan Pedal (bas kaki) plus Lead Voice untuk klavir atas. Yamaha Stagea ELB-01 memiliki kemampuan menggabungkan 2 suara untuk masing-masing klavir dan bas kaki.
Gunakan Voice Section, yaitu tombol di sebelah kiri atas pada Stagea ini untuk berpindah antar grup suara 1 dan 2. Saat melakukan pemilihan suara (melalui voice section), setiap kali menekan tombol panel pilihan Voice, untuk memilih voice yang benar-benar sesuai dengan yang diinginkan, perhatikan selalu Layar Display.
Yamaha Stagea ELB-01 memiliki 245 preset voice yang bisa dipilih dari layar display dengan bantuan tombol putar.
yamaha-stagea-elb-01-bPertanyaan terbesar sekarang adalah : Jenis suara apakah yang cocok untuk mengiringi lagu rohani atau lagu paduan suara? Artikel selanjutnya akan membahas tentang cara memilih register suara atau voice untuk berbagai keperluan lagu. Ada lagu yang keras, megah, meriah, lembut, tenang, sedih dan sebagainya yang memerlukan suara yang berbeda-beda untuk bisa mendukung suasana lagu tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar